Kamis, 14 Agustus 2014

IMAN KEPADA ALLAH (PAI)




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah         :  SMK JOSUA
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : X/1
Waktu                        : 2 x 45 menit
Aspek                        : Aqidah


A.  Standar Kompetensi
3.         Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna.

B.  Kompetensi Dasar
3.1       Menyebutkan 10 sifat Allah  dalam Asmaul  Husna.

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu  menyebutkan arti  sifat Allah.
  Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna

Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  Asmaul Husna :
- 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
  Asmaul Husna :
- 10 Asmaul Husna dan artinya
  Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 Asmaul  Husna


E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu  menyebutkan arti  sifat Allah.
  Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Siswa mengamati buku sumber yang berkaitan pengertian sifat-sifat Allah.
  Bertanya jawab tentang arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna.
  Siswa menganalisis buku sumber yang berkaitan dengan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
  Menjabarkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
  Mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
  Menerapkan perilaku yang mencerminkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
·         Pernahkah kalian membaca 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
·         Siapakah diantara kalian yang sudah hafal 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan sifat Allahyang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 163  dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahan-nya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru. 

Konfirmasi
-      10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna  banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti manusia adalah makhluk Allah yang mulia dan mampu melakukan segala sesuatu yang baru namun dibalik semua itu Allahlah  Yang Berkuasa dan Yang Menentukan . Jika direnungkan, betapa besar ketergantungan kita kepada-Nya.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa menghafalkan 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna  sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen AgamaRI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Allah SWT memiliki Sifat Wahid, arti Wahid adalah
Esa
2.
لا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ Arti penggalan ayat tersebut adalah........

Tiada sekutu bagin-Nya, dan demikian itulah…
3.
Perilaku yang mencerminkan kepasrahan bahwa hanya Allahlah Tuhan yang wajib disembah tanpa terkecuali. Adalah cerminan sifat Allah …..

Wahid


JAKARTA 15/8/2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman