Kamis, 14 Agustus 2014

KEIKHLASAN (PAI)





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah        : SMK JOSUA
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      :  X/1
Waktu                        : 2 x 45 menit
Aspek                        : Al-Qur’an


A.  Standar Kompetensi
2.         Memahami ayat-ayat Al-Quran tentang keikhlasan dalam beribadah.

B.  Kompetensi Dasar
2.1       Membaca  QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan benar
  Mampu membaca Q.S Al-Bayyinah: 5 dengan baik dan benar
  Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163
  Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al Bayyinah: 5

Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  Q.S. Al-An’am; 162-163
  Q.S. Al-Bayyinah: 5

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
   membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan benar
   membaca Q.S Al-Bayyinah: 5 dengan baik dan benar
   mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163
   mengidentifikasi tajwid Q.S Al Bayyinah: 5

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Siswa mengamati fasih  Q.S Al-An’am: 162-163
  Siswa mengamati tajwid Q.S Al-An’am: 162-163
  Mengartikan perkata Q.S Al-An’am: 162-163
  Mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
  Mendiskusikan terjemah Q.S Al-An’am: 162-163
  Siswa membiasakan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
  Mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
  Menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas?
·         Pernahkah kalian membaca surat tersebut diatas ?
·         Siapakah diantara kalian yang sudah hafal surat Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5 ?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca surat Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat Q.S. Al-An’am; 162-163 yaitu sebagai berikut:
ö@è%¨bÎ)ÎAŸx|¹Å5Ý¡èSury$uøtxCurÎA$yJtBur¬!Éb>utûüÏHs>»yèø9$#ÇÊÏËÈŸwy7ƒÎŽŸ°¼çms9(y7Ï9ºxÎ/urßNöÏBé&O$tRr&urãA¨rr&tûüÏHÍ>ó¡çRùQ$#ÇÊÏÌÈ

-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat Q.S Al - Bayyinah : 5, yaitu sebagai berikut:
!$tBur(#ÿrâÉDé&žwÎ)(#rßç6÷èuÏ9©!$#tûüÅÁÎ=øƒèCã&s!tûïÏe$!$#uä!$xÿuZãm(#qßJÉ)ãƒurno4qn=¢Á9$#(#qè?÷sãƒurno4qx.¨9$#4y7Ï9ºsŒurß`ƒÏŠÏpyJÍhŠs)ø9$#ÇÎÈ
-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5

Eksplorasi
-      Setelah selesai menyalin Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5 berikut artinya, guru menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada ayat tersebut.
-      Selanjutnya guru menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi tentang hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5   secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Dalam Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5  banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti keikhlasan dalam beribadah dan menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah. Jika direnungkan, betapa indah manisnya ibadah yang diikuti sifat ikhlas.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5   sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5 .
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.



H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

JAKARTA 15/8/2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman