Senin, 18 Agustus 2014

MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP (PAI)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )
Sekolah:SMK JOSUA
Mata Pelajaran:Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester:XI / 4 (Genap)
Standar Kompetensi:
19Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang menjagakelestarian lingkungan hidup.
Kompetensi Dasar:
1.Membacai Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al A’raf: 56-58, dan AshShad: 272. Menjelaskan arti Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al A’raf: 56-58, danAsh Shad: 273. Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidupseperti terkandung di dalam Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al A’raf: 56-58, dan Ash Shad: 27.
Pendidikan Karakter Bangsa:
1.Peduli Lingkungan, sikap dan tindakan yang selalu berupayamencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya danmengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakanalam yang sudah terjadi.2.Cinta Tanah Air, cara berpikir, bersikap dan berbuat yangmenunjukkan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yangtinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa.
Indikator:1.Mampu membaca Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58, danAsh-Shad: 27 dengan baik dan benar.2.Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Ar-Rum: 41- 42, Al-A’raf: 56-58, dan Ash Shad: 27.3.Mampu mengartikan per-kata Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58, dan Ash Shad: 27.4.Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58, dan Ash-Shad: 27.5.Mampu menterjemahkan Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf:56-58, dan Ash Shad: 27.6.Mampu mengidentifikasi perilaku menjaga kelestarianlingkungan hidup sesuai Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58, dan Ash Shad: 27.7.Mampu mempraktekkan perilaku yang menunjukkanmenjaga kelestarian lingkungan hidup.8.Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjagakelestarian lingkungan hidup.
Alokasi Waktu:6 jam pelajaran (3 x pertemuan)
A.Tujuan Pembelajaran:
1.Siswa mampu membaca Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58, dan Ash Shad: 27 dengan baik dan benar.2.Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58, dan Ash Shad:27.3.Siswa mampu mengartikan per-kata Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58, dan Ash Shad: 27.4.Siswa mampu mengartikan per-ayat Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58, dan Ash Shad: 27.5.Siswa mampu menterjemahkan Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58, dan Ash Shad: 27.6.Siswa mampu mengidentifikasi perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup sesuai Q.S.Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58, dan Ash Shad: 27.7.Siswa mampu mempraktekkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkunganhidup.8.Siswa mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkunganhidup.
B.Materi Pembelajaran:
1.Q.S. Ar – Rum : 41 – 42
 Artinya:
Telah nampak kerusakan di darat dam di laut disebabkan oleh karena perbuatan tanganmanusia, upaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka,agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah,” Adakan perjalanan di bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang terdahulu. Kebanyakan dari mereka ituadalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).” (Q.S Ar-Rum: 41-42)
2.Q.S. Al – A’raf : 56 – 58
 Artinya:
 Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya danberdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akandikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatanganrahmat-Nya (hujan), hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkandengan sebab hujan itu bebrbagai macam buah-buahan, seperti itulah Kami membangkitkanorang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.” Dan tanah yang baik, tanam-tanamannya hanya tumbuh subur dengan seizin Allah, dantanah yang tidak subur tanam-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah, dan tanah yang tidak subur tanam-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangitanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur.” (Q.S Al A’raf ayat 56-58).
3.Q.S. Ash – Shad : 27
Artinya:
 Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya tanpahikmah. Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka. (Q.S Shad ayat 27)
C.Metode Pembelajaran:DemontrasiTanya-jawab
Pemberian tugas
D.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
 Pertemuan 1
No. Kegiatan Pembelajaran
AlokasiwaktuTM/ TMT/TMTT
1.Pendahuluan10 menita.Motivasi presensi dan tadarus Q.S Ar-Rum: 41-42.TM b.Apersepsi: menanyakan pemahaman awal siswa tentangmenjaga kelestarian lingkungan hidup.2.Kegiatan Inti70 menita.Kegiatan Eksplorasi1)Mendemonstrasikan bacaan Q.S Ar-Rum: 41-42.TM2)Mengidentifikasikan tajwid Q.S. Ar-Rum: 41-42,siswa untuk check tugas mandiri.Sebelum pertemuan:-Mengartikan per kata Q.S Ar-Rum: 41-42-Penugasan individu mengartikan per kata dalamkolom.-Mengartikan per ayat Q.S Ar-Rum: 41-42.-Menterjemahkan Q.S Ar-Rum: 41-42.-Mengidentifikasi Q.S Ar-Rum: 41-42. b.Kegiatan Elaborasi1)Menyalin Q.S Ar-Rum: 41-42.TM2)Mengidentifikasi ilmu tajwid yang terdapat dalamQ.S Ar-Rum: 41-42.c.Kegiatan KonfirmasiMemberikan kesimpulan dari uraian materi tentangmenjaga kelestarian lingkungan hidup.3.Penutup10 menitPemberian tugas menulis Q.S Ar-Rum: 41-42 sertaidentifikasi tajwid Q.S Ar-Rum: 41-42.TMTT
Alokasi 90 menit
Pertemuan 2
No.Kegiatan PembelajaranAlokasiwaktuTM/ TMT/TMTT
1.Pendahuluan10 menitMotivasi presensi dan tadarus Q.S Al A’raf: 56-58.TM2.Kegiatan Inti70 menita.Kegiatan Eksplorasi1)Mendemonstrasikan bacaan Q.S Al-A’raf: 56-58.TM2)Mengidentifikasi tajwid Q.S Al A’raf: 56-58.3)Mengartikan [er lata Q.S Al-A’raf: 56-58.
No.Kegiatan PembelajaranAlokasiwaktuTM/ TMT/TMTT
4)Penugasan individu mengartikan per kata dalamkolom-kolom.5)Mengartikan per ayat Q.S Al A’raf: 56-58.6)Menterjemah Q.S Al A’raf: 56-58.7)Mengidentifikasi perilaku menjaga kelestarianlingkungan Q.S Al-A’raf: 56-58.
 b.Kegiatan Elaborasi1)Menyalin Q.S Al-A’raf: 56-58.TMT2)Mengidentifikasi ilmu tajwid yang terdapat dalamQ.S Al-A’raf: 56-58.c.Kegiatan KonfirmasiSiswa bersama guru menyimpulkan uraian materitentang menjaga kelestarian lingkungan hidup.3.Penutup10 menitTMMenyimpulkan materi dan memotivasi siswa yang berperilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup dalamkehidupan sehari-hari.Alokasi
90 menit
E.Sumber Belajar:
Al Qur-an dan terjemah
Buku Tajwid
Buku-Buku PAI Kelas XI
Internet
F.Penilaian:
 Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d, atau e di depan jawaban yang benar!
1.Lafal yang bergaris bawah dalam ilmu tajwid hukum bacaan ialah ….a.izhar khalqid.izhar qamariyah b.idgam syamsiyahe.izhar syafawic.mad tabi’i2.Allah menciptakan bumi dan semua isinya diperuntukan bagi ….a.Binatangd.para rasul-Nya b.para malaikate.Allah SWT sendiric.umat manusia3.Menurut lughat atau bahasa, Ar-Rum artinya ….a.Kerusakand.negeri Romawi b.Bumie.negeri Arabc.suatu negeri4. Artinya ialah ….a.orang-orang sebelum kamud.orang-orang primitif  b.orang-orang yang terdahulue.orang-orang pada zaman ituc.orang-orang sesudahmu5.Manusia diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengadakan perjalanan di muka bumi iniadalah agar ia mau ….a.berdakwah tentang Islam b.memperhatikan keadaan alamc.mengikuti perbuatan orang-orang terdahulu
d.menjadi pelaku sejarah untuk generasi berikutnyae.mencari kebaikan dan kemaslahatan
Kunci Jawaban:
D2. C3. D4. A5. B
MengetahuiKepala Sekolah
MemeriksaWKS. Kurikulum
Guru Mata Pelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman