Jumat, 15 Agustus 2014

PRASANGKA BAIK (PAI)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Unit 1
Kontrol Diri, Prasangka Baik, dan Persaudaraan


Satuan Pendidikan : SMK JOSUA
Mata Pelajaran       :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester       : X/1
Alokasi Waktu        :  9 x 45 menit (3 minggu)


PERTEMUAN I:
A.     Tujuan
1.      Membaca Q.S. Al-Anfal (8) : 72 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
2.      Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72) dengan lancar.
3.      Menganalisis  Q.S. Al-Anfal (8) : 72) dan hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs).
4.      Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs) dan menerapkannya dalam kehidupan.
5.      Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8): 72 dan hadits terkait.


B.     Materi Pembelajaran
Surah al-Anfal (8) : 72

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum      : Deduktif-Induktif
Metode                       : Diskusi, Tanya-jawab           

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media :  Powerpoint Unit 1 Facil Advance Learning Islamic Education and Moral Values 1 for Grade X
2.      Alat     :                Papan tulis, penghapus, infocus, komputer
3.      Sumber Pembelajaran:
a)      Al-Quran
b)      Buku Facil Advance Learning Islamic Education and Moral Values 1 for Grade X
c)      Sumber lain yang relevan

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan membaca doa sebelum belajar
b.      memotivasi siswa terkait sifat kontrol diri (mujahadah an-nafs)
c.       Apersepsi: bertanya jawab tentang perilaku kontrol diri dalam kehidupan sehari-hari.
d.      Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini 



2.      Inti
a)      Membimbing siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati (Observing)
1)      Menyimak bacaan Q.S. Al-Anfal (8) : 72
2)      Mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) Q.S. Al-Anfal (8) : 72
3)      Mencermati kandungan  Q.S. Al-Anfal (8): 72 serta hadits terkait.

Menanya (Questioning)
1)      Menanyakan cara membaca hukum tajwid dalam Q.S. Al-Anfal (8) : 72
2)      Menanyakan asbabun nuzul Q.S. Al-Anfal (8) : 72
3)      Menanyakan isi kandungan Q.S. Al-Anfal (8) : 72
4)      Menanyakan asbabul wurud hadits terkait
5)      Menanyakan isi kandungan hadis terkait

Pengumpulan Data (Experimenting)
1)      Mendiskusikan cara membaca sesuai dengan tajwid Q.S. Al-Anfal (8): 72
2)      Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72
dan hadits terkait

Mengasosiasi (Associating)
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72 dan hadits terkait

                        Mengkomunikasikan (Communicating)
1)      Mendemonstrasikan bacaan (hafalan) Q.S. Al-Anfal (8): 72
2)      Menyampaikan hasil diskusi tentang  Q.S. Al-Anfal (8): 72 dan hadits terkait secara individu maupun kelompok.

b)      Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan cara membiasakan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8): 72 dan hadits terkait dalam kehidupan sehari-hari.

3.      Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari pembelajaran Q.S. Al-Anfal (8): 72 dan hadits terkait dalam kehidupan sehari-hari hari ini.

JAKARTA  15/8/2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman