Rabu, 13 Agustus 2014

SILABUS 2013 (XI)




SILABUS
Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam
Kelas                           : XI (sebelas)
Kompetensi Inti          :
 (K1)    : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
 (K2)    : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-
  aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
  alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 (K3)    :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan 
                                      wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang          
                                      kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
 (K4)    :Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,  
  dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1  Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Kitab-kitab Allah SWT
1.2  Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Rasul-rasul Allah SWT
1.3  Berperilaku taat kepada aturan
1.4  Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam penyelenggaraan jenazah
1.5  Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
2.1  Menunjukkanperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. At Taubah (9) : 119 dan hadits terkait
2.2  Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al Isra’ (17) : 23-24 dan hadits terkait
2.3  Menunjukkan perilaku kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
2.4  Menunjukkansikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits terkait
2.5    Menunjukkan sikap semangat menumbuh- kembangkan ilmu pengetahuan dan kerja keras sebagai implementasi dari masa kejayaan Islam
2.6    Menunjukkan perilaku kreatif, inovatif, dan produktif sebagai implementasi dari sejarah peradaban Islam di era modern.
3.1 Menganalisis Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. Az-Zumar (39) : dan Q.S. At-Taubah (9) : 105, serta hadits tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
4.1 Membaca Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At Taubah (9) : 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2  Mendemonstrasikan hafalan Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At-Taubah (9) : 105  dengan lancar
1.      Perilaku kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras

·      Mengamati
-       Menyimak bacaan al-Qur’anQS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait  secara individu maupun kelompok.
·      Menanya
-       Mengajukan pertanyaan tentang kaedah tajwid yang terdapat dalam QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105
-       Mengajukan pertanyaan tentang makna mufrodat yang terdapat dalam QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta hadits yang terkait
·      Eksperimen/Eksplor
-       Menganalisa kaedah tajwid yang terdapat QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105
-       Diskusi tentang makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam  QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
Diskusi tentang kandungan makna QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait

·      Assosiasi
-       Menyimpulkan kaedah tajwid yang terdapat pada QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105
-       Menyimpulkan makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam  QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
-       Menyimpulkan kandungan makna QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait.
·      Komunikasi
-       Menyajikan kaedah tajwid yang terdapat QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105
-       Menyajikan makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
-       Menyajikan kandungan makna QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
-       Mendemonstrasikan bacaan tartil dan hafalan  QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
·      Refleksi
-       Menampilkansikap  kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras, dalam kehidupan sehari-hari sebagai refleksi dari pemahaman QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
·      Tugas
-       Melakukantelaahterhadapkaedah tajwid dan kandungan makna yang terdapat dalam QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi (kaedah tajwid, makna mufrodat dan ijmali, dan kandungan makna ayat al-Qur’an)
kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras dalam kehidupan seha-hari sebagai implemantsi dari pemahaman QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
·      Portofolio
-       Membuatlaporantentangkaedah tajwid, makna mufrodat dan ijmali, serta kandungan makna QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
·      Tes
-         Teskemampuankognitifdenganbentuktessoal – soalpilihanganda dan uraian


4x3
Jam Pelajran
•Al Qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media lainnya  yang relevan
•Refrensi lain yang relevan
3.2  Menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.

4.3 Membaca  Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.

4.4 Mendemonstrasikan hafalanQ.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan lancar

                                   
2.      Sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan

·      Mengamati
-       Menyimak bacaan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait  secara individu maupun kelompok.
·      Menanya
-       Mengajukan pertanyaan tentang kaedah tajwid yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-       Mengajukan pertanyaan tentang makna mufrodat yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta hadits yang terkait
·      Eksperimen/Eksplor
-       Menganalisa kaedah tajwid yang terdapat Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-       Diskusi tentang makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam  Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
-       Diskusi tentang kandungan makna Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan kaedah tajwid yang terdapat pada Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-       Menyimpulkan makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam  Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
-       Menyimpulkan kandungan makna Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
·      Komunikasi
-       Menyajikan kaedah tajwid yang terdapat Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-       Menyajikan makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
-       Menyajikan kandungan makna Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
-       Mendemonstrasikan bacaan tartil dan hafalan  Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
·      Refleksi
-       Menampilkansikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, dalam kehidupan sehari-hari sebagai refleksi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
·      Tugas
-       Melakukan telaah terhadapkaedah tajwid dan kandungan makna yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi (kaedah tajwid, makna mufrodat dan ijmali, dan kandungan makna ayat al-Qur’an)
-       Sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan dalam kehidupan sehari-hari sebagai implemantsi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dan hadis terkait.
·      Portofolio
-       Membuat laporan tentang kaedah tajwid, makna mufrodat dan ijmali, serta kandungan makna Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, dan hadis terkait.
·      Tes
-       Teskemampuankognitifdenganbentuktessoal – soalpilihanganda dan uraian
4x3
Jam Pelajran
•Al-qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media lainnya  yang relevan
•Refrensi lain yang relevan
3.3 Memahami makna iman kepada Kitab-kitab Allah SWT.

4.5 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Kitab-kitab Suci  Allah SWT

3.      Iman kepada Kitab-kitab Allah swt
·      Mengamati
-       Mencermati teks bacaan tentang ketentuan beriman kepada Kitab-kitab Allah SWTsecara individu maupun kelompok.
·      Menanya
-       Mengajukan pertanyaan, misalnya tentang makna beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?, hikmah apa yang diperoleh dari beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT ?, bagaimana sikap kita terhadap  keimanan kepada Kitab-kitab Allah SWT? Bagaimana cara mengimani Kitab-kitab Allah swt?
·      Eksperimen/Eksplore
-       Diskusi tentang makna bagaimana cara mengimani Kitab-kitab Allah SWT? dalam persfektif Islam,
-       Diskusi tentang cara beriman terhadap Kitab-kitab Allah SWT?
-       Menganalisa hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan makna beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
-       Menyimpulkanhikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang tentang makna beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?, serta hikmahnya.
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·      Refleksi
-       Menampilkan  sikap gemar membaca dan mengamalkan al-Qur’an  sebagai refleksi dari iman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
-       Menunjukkan sikap aklaqul karimah dan  ketauladanan  sebagai cerminan penghayatan terhadap iman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
·      Tugas
-       Mencari ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang iman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
-       Mengumpulkan bahan-bahan tulisan tentang berimanKitab-kitab Allah SWT?
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi (makna beriman Kitab-kitab Allah SWT?, cara beriman kepada beriman Kitab-kitab Allah SWT? dan hikmah beriman Kitab-kitab Allah SWT?
-        Memiliki  gemar membaca al Qur’an berakhlaqul karimah  serta ketauladanan sebagai implementasi dari iman Kitab-kitab Allah SWT?
·      Portofolio
-        Membuat laporan tentang makna Kitab-kitab Allah SWT?, cara beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?, dan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
·      Tes
-       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda tentang beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?

3x3
Jam Pelajran
·     Al-qur’an dan tarjamah
·     Buku teks PAI
·     CD, VCD, MP3 dan media lainnya  yang relevan
·     Refrensi lain yang relevan
3.4 Memahami makna iman kepada Rasul-rasul Allah SWT.

4.6 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT.


4.      Makna iman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
·      Mengamati
-       Mencermati teks bacaan tentang ketentuan beriman kepada Rasul-rasul Allah SWTsecara individu maupun kelompok.
·      Menanya
-       Mengajukan pertanyaan, misalnya tentang makna beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?, hikmah apa yang diperoleh dari beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT ?, bagaimana sikap kita terhadap  keimanan kepada Rasul-rasul Allah SWT? Bagaimana cara mengimani Rasul-rasul Allah swt?
·      Eksperimen/Eksplore
-       Diskusi tentang makna bagaimana cara mengimani Rasul-rasul Allah SWT? dalam persfektif Islam,
-       Diskusi tentang cara beriman terhadap Rasul-rasul Allah SWT?
-       Menganalisa hikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan makna beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
-       Menyimpulkanhikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang tentang makna beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?, serta hikmahnya.
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·      Refleksi
-       Menampilkan sikap sidiq, amanah, tabligh dan fathonah  sebagai refleksi dari iman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
-       Menunjukkan sikap  ketauladanan sebagai cerminan penghayatan terhadap iman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
·      Tugas
-       Mencari ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang iman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
-       Mengumpulkan bahan-bahan tulisan tentang beriman Rasul-rasul Allah SWT?
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi (makna beriman Rasul-rasul Allah SWT?, cara beriman kepada beriman Rasul-rasul Allah SWT? dan hikmah beriman Rasul-rasul Allah SWT?
-       Memiliki sikap sidiq, amanah, tabligh dan fathonah serta ketauladanan sebagai implementasi dari iman Rasul-rasul Allah SWT?
·      Portofolio
-       Membuat laporan tentang makna Rasul-rasul Allah SWT?, cara beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?, dan hikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
·      Tes
-       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda tentang beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?

3x3
Jam Pelajran
•Al-Qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media lainnya  yang relevan
Refrensi lain yang relevan
3.5 Memahami makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras.

4.7 Menampilkan perilaku taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras

5.      Makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras
·      Mengamati
-       Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait denganmakna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras secara individu maupun kelompok.
-       Mengamati tayangan video Atau mengamati langsung bentuk perilaku taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras
·      Menanya
-       Mengajukan pertanyaan tentang bentuk-bentuk perilaku taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat, Apakah makna yang terkandung didalamnya?
·      Eksperimen/eksplor
-       Menelaah bentuk perilaku taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja kerasdalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
-       Diskusi tentang hikmah   taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras, dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
-       Melakukan simulasi bentuk makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat dengan baik dan benar
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan ketentuan dan dasar hukum tentang makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja kerasdalam kehidupan dengan baik dan benar, berdasarkan al-Qur’an dan Hadits
-       Menyimpul bentuk perilaku makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja kerasdalam kehidupan dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat 
-       Menyimpulkan hikmah berperilaku taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
-       Menerapkan bentuk perilakumakna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja kerasdalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja kerasdalam kehidupan
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-       Menanggapi simulasi bentuk perilaku makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
·      Refleksi
-       Berprilaku  taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras baik di sekolah, rumah, maupun  masyarakat
·      Tugas
-       Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan sebagai data untuk pembuatan makalah dan  laporan tentang  makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras dalam  kehidupan sehari-hari
-       Melakukan obeservasi langsung terhadap perilaku taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras baik disekolah, rumah dan masyarakat
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi: Makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras
-       Prilaku makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras dalam kehidupan sehari-hari
·      Portofolio
-       Membuat laporan tentang makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras
·      Tes
-       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian
3x3
Jam Pelajran
Al-Qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media lainnya  yang relevan
· Refrensi lain yang relevan
3.6 Memahami makna toleransi dan kerukunan
6.      Toleransi dan kerukunan
·      Mengamati
-       Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengansikap toleran dan kerukunansecara individu maupun kelompok.
-       Mengamati tayangan video Atau mengamati langsung  sikap toleran dan kerukunan
·      Menanya
-       Mengajukan pertanyaan tentang bentuk-bentuk perilaku  toleran dan kerukunan dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat, Apakah hikmah yang terkandung didalamnya?
·      Eksperimen/eksplor
-       Menelaah bentuk perilaku  toleran dan kerukunandalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
-       Diskusi tentang hikmah  berperilaku sikap toleran dan kerukunan, dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
-       Melakukan simulasi bentuk perilaku sikap toleran dan kerukunankehidupan dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat dengan baik dan benar
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan ketentuan dan dasar hukum tentang sikap toleran dan kerukunandalam kehidupan dengan baik dan benar, berdasarkan al-Qur’an dan Hadits
-       Menyimpul bentuk perilaku sikap toleran dan kerukunandalam kehidupan dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat 
-       Menyimpulkan hikmah berperilaku sikap toleran dan kerukunan dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
-       Menerapkan bentuk perilaku sikap toleran dan kerukunan dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang sikap sikap toleran dan kerukunan dalam kehidupan
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-       Menanggapi simulasi bentuk perilaku sikap toleran dan kerukunan dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
·      Refleksi
-       Berprilaku  toleran dan kerukunan baik di sekolah, rumah, maupun  masyarakat
·      Tugas
-       Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan sebagai data untuk pembuatan makalah dan  laporan tentang  perilaku  toleran dan kerukunandalam  kehidupan sehari-hari
-       Melakukan obeservasi langsung terhadap perilaku  toleran dan kerukunanbaik disekolah, rumah dan masyarakat
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusihikmah  berperilaku sikap toleran dan kerukunan
-       Sikap tolerandan kerukunandalam kehidupan sehari-hari
·      Portofolio
·      Membuat laporan tentang hikmah berperilaku sikap toleran dan kerukunan
·      Tes
-       Teskemam-puankognitifdenganbentuktessoal – soalpilihanganda dan uraian
2x3
Jam Pelajran
•Al-Qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media lainnya  yang relevan
· Refrensi lain yang relevan
4.8 Menampilkan contoh perilaku toleransi dan kerukunan.
3.7 Memahami bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan.
4.9 Medeskripsikan bahaya  tindak kekerasan dalam kehidupan.

7.      Bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan
·      Mengamati
-       Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait denganbahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan secara individu maupun kelompok.
-       Mengamati tayangan video Atau mengamati langsung bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan
·      Menanya
-       Mengajukan pertanyaan tentang bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat, Apakah hikmah yang terkandung didalamnya?
·      Eksperimen/eksplor
-       Menelaah bentuk, memahami bahaya  perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
-       Diskusi tentang memahami bahaya  perilaku tindak kekerasan dalam   kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
-       Melakukan simulasi bentuk perilaku dalammemahami bahaya  perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan  sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat dengan baik dan benar
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan ketentuan dan dasar hukum dalammemahami bahaya  perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan dengan baik dan benar, berdasarkan al-Qur’an dan Hadits
-       Menyimpul bentuk perilaku dalammemahami bahaya  perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat 
-       Menyimpulkan bahaya  perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat

·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang memahami bahaya  perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-       Menanggapi simulasi bentuk memahami bahaya  perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
·      Refleksi
-       Menghindari prilakumemahami bahaya  perilaku tindak kekerasanbaik di sekolah, rumah, maupun  masyarakat
·      Tugas
-       Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan sebagai data untuk pembuatan makalah dan  laporan tentang  memahami bahaya  perilaku tindak kekerasan dalam  kehidupan
-       Melakukan obeservasi langsung terhadap memahami bahaya  perilaku tindak kekerasan baik disekolah, rumah dan masyarakat
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi: Sikap menghindarkan diri dari tindak kekerasan dalam kehidupan sehari-hari
·      Portofolio
-       Membuat laporan tentang  bentuk, memahami bahaya  perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
·      Tes
-       Teskemam-puankognitifdenganbentuktessoal – soalpilihanganda dan uraian
2x3
Jam Pelajran
·  Al-Qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media lainnya  yang relevan
•Refrensi lain yang relevan
3.8 Menelaah  prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

4.10 Mempresentasikan praktik-praktik ekonomi Islam

8.      Prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
·      Mengamati
-       Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengan pelaksanaan praktik ekonomi dalam Islam di masyarakat dalam Islam secara individu maupun kelompok.
-       Mencermati ketentuan  dan tata cara pelaksanaan praktik ekonomi dalam Islam  di masyarakat
·      Menanya
-       Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan  dan tata cara praktik ekonomi dalam Islam  di masyarakat
·      Eksperimen/Eksplor
-       Diskusi tentang ketentuan  dan tata cara pelaksanaan Praktik ekonomi dalam Islam  di masyarakat
-       Diskusi mengenai hikmah pelaksanaan Praktik ekonomi dalam Islam di masyarakat
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan Praktik ekonomi dalam Islam  di masyarakat
-       Menyimpulkan hikmah ketentuan  dan tata cara praktik ekonomi dalam Islam  di masyarakat
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang ketentuan ketentuan  dan tata cara praktik ekonomi dalam Islam  di masyarak
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-       Berlatih menerapkan ketentuan  dan tata cara praktik ekonomi dalam Islam  di masyarakat
·      Refleksi
-       Menampilkan kemampuan menerapkan atketentuan  dan tata cara praktik ekonomi dalam Islam  di masyarakat
-       Menunjukkan sikap menghargai dan menghormati  dan jujur serta terbuka sebagai hasil refleksi pelaksanaan praktik ekonomi dalam Islam
·      Tugas
-       Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan tentang masalah prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
-       Membuat konsep prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
-       Membuat laporan tentang penerapanprinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi bagaimana menerapkankonsep prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
-       Memahami prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam di masyarakat
·      Portofolio
-       Membuat makalah tentang praktik ekonomi dalam Islam
-       Membuat  laporan tentang ketentuan syariat Islam dalam masalah ketentuan  dan tata cara praktik ekonomi dalam Islam di masyarakat
·      Tes
-       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian
4x3
Jam Pelajran
Al-Qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media lainnya  yang relevan
Refrensi lain yang relevan
3.9 Memahami pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah.
4.11 Memperagakan tatacara penyelenggaraan jenazah.
9.      Pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·      Mengamati
-       Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengan pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah,secara individu maupun kelompok.
-       Mencermati ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·      Menanya:
-       Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·      Eksperimen/Eksplor
-       Diskusi tentang ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
-       Diskusi mengenai hikmah pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
-       Menyimpulkan hikmah ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang ketentuan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-       Berlatih menerapkan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·      Refleksi
-       Menampilkan kemampuan menerapkan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
-       Menunjukkan sikap menghargai dan menghormati  pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
·      Tugas
-       Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan tentang masalah pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
-       Membuat  konsep pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
-       Membuat laporan tentang memahami sikap menghormati dan menghargai  pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi bagaimana melaksanakan pelaksanaan penyelenggaraan jenazah dengan baik dan benar
-       Memahami sikap menghormati dan menghargai pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·      Portofolio
-       Membuat konsep pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah • Membuat  laporan tentang ketentuan syariat Islam dalam masalah ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·      Tes
-       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian
4x3
Jam Pelajran
·  Al-Qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media lainnya  yang relevan
·  Refrensi lain yang relevan
3.10 Memahami pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah.

4.12 Mempraktikkan khutbah, tabligh, dan dakwah

10.  Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
·      Mengamati
-       Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengan pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat dalam Islam secara individu maupun kelompok.
-       Mencermati ketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
·      Menanya:
-       Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
·      Eksperimen/Eksplor
-       Diskusi tentang ketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
-       Diskusi mengenai hikmah pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakatt
-       Menyimpulkan hikmah ketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang ketentuan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-       Berlatih menerapkan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
·      Refleksi
-       Menampilkan kemampuan menerapkan atketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
-       Menunjukkan sikap menghargai dan menghormati  pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
·      Tugas
-       Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan tentang masalah khutbah, tabligh dan Dakwah
-       Membuat  konsep khutbah, tabligh dan dakwah
-       Membuat laporan tentang memahami sikap menghormati dan menghargai  pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi bagaimana membuat  konsep khutbah, tabligh dan dakwah
-       Memahami sikap menghormati dan menghargai  pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
·      Portofolio
-       Membuat konsep khutbah, tabligh dan dakwah
-       Membuat  laporan tentang ketentuan syariat Islam dalam masalah ketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
·      Tes
-       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian
4x3
Jam Pelajran
·  Al-Qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media lainnya  yang relevan
·  Refrensi lain yang relevan
3.11 Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
4.13Mendiskripsikanperkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan


11.  Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
·      Mengamati
-       Mengamati tayangan video tentang perkembangan masa kejayaan Islam
-       Membaca artikel tentang perkembangan dan kemajuan Islam  pada masa kejayaan Islam
·      Menanya
-       Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan perkembangan dan kemajuan Islam  pada masa kejayaan Islam   seperti faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemajuan  peradaban Islam ?
·      Eksperimen/Eksplor
-       Diskusi tentang perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
-       Menelaah faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan peradaban pada masa kejayaan Islam
-       Menelaah hikmah kejayaan islam  yang dapat dijadikan contoh untuk keberhasilan dan kemajuan islam sekarang ini
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
-       Menyimpulkan faktor-faktor yang memepengaruhi kemajuan peradaban Islam  pada masa kejayaan Islam
-       Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan peradaban Islam yang dapat dijadikan contoh untuk keberhasilan dan kemajuan islam sekarang ini
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·      Refleksi
-       Menampilkan sikap semangat menumbuh- kembangkan ilmu pengetahuan dan kerja keras  sebagai refleksi dari pemahaman kemajuan  peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
·      Tugas
-       Mengumpulkan artikel dan tulisan tentang perkembangan Islam pada masa kejayaan Islam
-       Mengumpulkan  data dan bentuk-bentuk visualisasi tentang perkembangan Islam  pada masa  kejayaan Islam
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat serta mengumpulkan berbagai data :
-       Isi diskusi (perkembangan Islam, beserta  faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan  peradaban Islam) pada masa kejayaan Islam
-       Sikap semangat menumbuh- kembangkan ilmu pengetahuan dan kerja keras sebagai refleksi dari pemahaman kemajuan  peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
·      Portofolio
-       Membuat  makalah dan laporan perkembangan Islam  dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan  peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
·      Tes
-       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian
3x3
Jam Pelajran
·  Al-qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media lainnya  yang relevan
•Refrensi lain yang relevan
3.12 Menelaah perkembangan Islam pada masa modern (1800- sekarang).

4.14 Mendiskripsikan perkembangan Islam pada masa medern (1800-sekarang)

12.  Masa kejayaan Islam
·      Mengamati
-       Mengamati tayangan video tentang perkembangan masa kejayaan Islam
-       Membaca artikel tentang perkembangan dan kemajuan Islam  pada masa kejayaan Islam
·      Menanya
-       Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan perkembangan dan kemajuan Islam  pada masa kejayaan Islam   seperti faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemajuan  peradaban Islam ?
·      Eksperimen/Eksplor
-       Diskusi tentang perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
-       Menelaah faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan peradaban pada masa kejayaan Islam
-       Menelaah hikmah kejayaan islam  yang dapat dijadikan contoh untuk keberhasilan dan kemajuan islam sekarang ini
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
-       Menyimpulkan faktor-faktor yang memepengaruhi kemajuan peradaban Islam  pada masa kejayaan Islam
-       Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan peradaban Islam yang dapat dijadikan contoh untuk keberhasilan dan kemajuan islam sekarang ini
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·      Refleksi
-       Menampilkan sikap semangat menumbuh- kembangkan ilmu pengetahuan dan kerja keras  sebagai refleksi dari pemahaman kemajuan  peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
·      Tugas
-       Mengumpulkan artikel dan tulisan tentang perkembangan Islam pada masa kejayaan Islam
-       Mengumpulkan  data dan bentuk-bentuk visualisasi tentang perkembangan Islam  pada masa  kejayaan Islam
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat serta mengumpulkan berbagai data :
-       Isi diskusi (perkembangan Islam, beserta  faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan  peradaban Islam) pada masa kejayaan Islam
-       Sikap semangat menumbuh- kembangkan ilmu pengetahuan dan kerja keras sebagai refleksi dari pemahaman kemajuan  peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
·      Portofolio
-       Membuat  makalah dan laporan perkembangan Islam  dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan  peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
·      Tes
-       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian




3x3
Jam Pelajran
•Al-Qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media lainnya  yang relevan
•Refrensi lain yang relevan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman