Senin, 15 Desember 2014

BAHAYANYA MIRAS





MIRAS MERUSAK JASMANI-RUHANI ?




يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (90) إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلَاةِ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ [المائدة/90، 91]

090. Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

091. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu). (QS Al-Maaidah: 90, 91).

Muqaddimah

Pada era yang semakin dewasa ini,banyak kita jumpai berita berita yang sangat membuat kita begitu miris mendengarnya. Banyak korban yang tewas atau keracunan gara gara mengoplos minum minuman keras, padahal banyak dari mereka yang sudah mengetahui bahayanya minum minuman keras,tetapi mereka seperti tidak menghiraukannya atau tidak begitu menghargai nyawa mereka sendiri.

Dan mungkin kawan kawan apabila ada yang lupa,marilah kita mengingat bahaya miras Inilah beberapa bahaya miras terhadap kesehatan tubuh kita : 1. Secara tidak langsung akan memperlambat daya ingat kita (pikun) 2. Sering minum minuman keras akan mempermudah penyakit struk pada tubuh kita 3. Akan mengakibatkan mandul atau bagian rahim karena racun dalam miras tersebut 4. Dapat menimbulkan penyakit kanker tenggorokan, di samping menyebabkan pendarahan pada tenggorokan juga akan mengakibatkan pembekakan pembuluh darah pada pangkal tenggorokan, liver, dan yang paling parah adalah kematian. Gambar macam macam minuman keras. .

Itulah beberapa bahaya miras,dan mungkin lebih banyak lagi bahaya bahaya yang mungkin tidak kita ketahui. Dan untuk itu marilah kita jauhi minuman keras yang akan merusak masa depan kita dan bangsa kita ini. Karena semua itu tidaklah bermanfaat, sayangilah kesehatan kalian dan nyawa kalian kawan, hidup itu hanya satu kali, dan manfaatkan lah untuk hal hal yang bisa membuat kita lebih baik dan berguna bagi keluarga, lingkungan, da masyarakat bangsa dan negara.

Miras Merusak Kesehatan

Minuman keras terbagi dalam 3 golongan yaitu:

-Gol A bekadar 01%-05%

-Gol B berkadar 05%-20%

-Gol C berkadar 20%-50%

Beberapa jenis minuman keras beralkohol dan kadar yang terkandung di dalamnya:

-Bir,Green Sand 1%-5%

-Martini,Wine (Anggur) 5%-20%

-Whisky,Brandy 20%-55%

Menurut beberapa penelitian kesehatan, perilaku ini ternyata bisa membahayakan kesehatan Anda. Inilah efek minum minuman keras bagi kesehatan Anda seperti dilansir dari boldsky.com.

1.Mabuk, mual, muntah
Mabuk adalah salah satu efek yang paling umum dari minum minuman keras. Setelah mabuk biasanya diiringi dengan sakit kepala berat yang menyebabkan mual dan muntah.

2.Gangguan lever
Terlalu banyak asupan alkohol di dalam tubuh mampu membahayakan lever Anda. Sebab alkohol memicu lever Anda untuk bekerja dengan keras dalam menyaring cairan tersebut. Lever Anda bisa bengkak dan mengandung banyak air di dalamnya. Bahkan sekitar 10-20% penyakit lever disebabkan oleh konsumsi alkohol.

3.Kecanduan
Minuman keras mudah sekali membuat seseorang menjadi kecanduan. Hal ini disebabkan karena minuman ini berhasil menciptakan sensasi tersendiri pada kesehatan psikologis Anda. Tentu saja kecanduan alkohol dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental Anda.

4.Menurunkan kesehatan mental
Minuman keras mampu memberikan efek yang buruk untuk kesehatan mental. Salah satunya adalah menurunnya fungsi dari otak, menurunkan kemampuan indera, meningkatkan risiko depresi dan frustasi, serta menyebabkan perubahan pola perilaku.

Minum minuman keras mampu membahayakan kesehatan Anda terutama apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Oleh karena itu berhati-hatilah dengan minuman jenis ini. Lebih baik hindari daripada menurunkan kesehatan Anda di kemudian hari.

Berikut ini adalah pengaruh buruk akohol bagi kesehatan yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya :

  1. Mabuk : Konsumsi alkohol yang banyak dapat membuat mabuk dan menyebabkan korban mengalami sakit kepala, mual, muntah serta nyeri pada bagian tubuh tertentu.
  2. Berat badan naik : Karena pada umumnya minuman beralkohol memiliki kadar kalori dan gula yang tinggi.
  3. Tekanan darah tinggi : Alkohol merupakan pemicu tekanan darah.
  4. Sistem kekebalan tubuh menurun : Dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, maka tubuh anda akan mudah terserang infeksi.
  5. Kanker, penyakit jantung, gangguan pernafasan & gangguan hati : Semakin sering dan semakin banyak jumlah alkohol yang anda konsumsi, semakin besar pula resiko anda terjangkit kanker, penyakit jantung, gangguan pernafasan dan gangguan pada organ hati.

Bahaya Miras Menurut Rasulullah saw

Berikut ini, ada sepuluh bahaya dan minuman keras dan yang sejenisnya, sebagaimana diriwayatkan Abul Laits radhiyallahu anhu (RA), ia berkata: “Awaslah kau dari minum khamar, karena ia mengandungi sepuluh bahaya yaitu:

1. Peminumnya seperti orang gila dan menjadi tertawaan anak kecil dan tercela di kalangan orang-orang berakal.

2. Memboros harta dan merusak akal. Sebagaimana kata Umar bin Khattab kepada Rasulullah SAW: “Ya Rasulullah, jelaskan pendapatmu mengenai khamar?” Jawab Rasulullah SAW: “Sebab nyata menghabiskan harta dan merusak akal.”

3. Minum khamar menyebabkan permusuhan diantara kawan-kawan.

4. Peminumnya terhalang dari zikrullah dan shalat.

5. Minum khamar itu mendorong untuk berzina, sebab kemungkinan ia menceraikan isterinya tanpa sadar.

6. Ia pembuka dari segala kejahatan sebab jika mabuk. mudah berbuat segala maksiat.

7. Mengganggu malaikat yang menjaganya kerana memasukkan ke majelis fasik dan adanya bau busuk.

8. Terkena hukum pukul dera lapan puluh kali dan bila tidak terpukul didunia maka di akhirat akan dipukul dengan pukulan dari enraka yang disaksikan oleh orang tua dan kawan-kawan.

9. Ia telah menutup pintu langit sebab kebaikannya dan doa-doanya tidak terangkat ke langit selama 40 hari.

10. Ia berspekulasi (membahayakan) terhadap dirinya sebab dikhawatirkan tercabut iman ketika matinya.

Miras Hukumnya Haram

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ ثَلَاثَةٌ قَدْ حَرَّمَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى عَلَيْهِمْ الْجَنَّةَ مُدْمِنُ الْخَمْرِ وَالْعَاقُّ وَالدَّيُّوثُ الَّذِي يُقِرُّ فِي أَهْلِهِ الْخُبْثَ

Dari Salim bin Abdillah bin Umar bahwa dia mendengar (bapak)nya berkata, telah menceritakan kepadaku  Abdullah bin Umar bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Tiga golongan yang Allah mengharamkan surga atas mereka: pecandu khamer, anak yang durhaka kepada orang tua, dan Dayyuts, yaitu seorang yang merelakan keluarganya berbuat kekejian.” (HR Ahmad, dishahihkan oleh Al-Albani  dalam Shahih al-Jami’ nomor 3052, dalam Al-Jami’ As-Shaghir wa ziyadatuh nomor  5363)

Dalam sebuah hadis Nabi Muhammad SAW melaknat khamr atau minuman keras yang memabukan mencakup kepada sepuluh golongan:

1.yang memerasnya.

2.yang minta diperaskan.

3.yang meminumnya.

4.yang membawanya.

5.yang minta diantarkan.

6.yang menuangkanya.

7.yang menjualnya.

8.yang makan hasil penjualannya.

9.yang membelinya.

10.yang minta di belikan.(HR. At Tirmidzi dan Ibnu Majah)

JAKARTA 16/12/2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman