Kamis, 29 Januari 2015

DZIKIR HASBALAH




ALLAH SWT SEBAIK-BAIK PENOLONG ?

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا(41)
Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. (Al-Ahzab:41)

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ
"(Yaitu) orang-orang (yang menta'ati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan:"Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Hasbunallah Wani'mal-Wakîl", Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung". (QS. Ali-Imran 3:173)

وَإِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَوْلَاكُمْ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيرُ  (سورة الأنفال
"Dan jika mereka berpaling, Maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia adalah Sebaik-baik pelindung dan Sebaik-baik penolong." (QS. Al-Anfal: 40).
Muqaddimah
Menurut Prof.DR. Hasby Ash-shidqy : “Dzikir ialah menyebut Allah dengan membaca tasbih (subhanallah), membaca tahlil (la ilaha illallah ), membaca tahmid (alhamdulillah), membaca taqdis (quddusun), membaca takabir ( Allahu Akbar), membaca hauqolah ( la haula wala quwwata illa billah), membaca hasbalah (hasbiyallahu), membaca basmalah ( bismillahirrahmanirrahim), membaca Al-Qur’anul Majid dan membaca do’a-do’a yang ma’tsur, yaitu do’a-do’a yang diterima dari Nabi SAW.”

Menurut Al-Hafizh dalam Fathul Barri, Dzikir itu ialah: “Segala lafazh (ucapan) yang disukai para ummat membacanya dan membanyakkan membacanya, untuk menghasilkan jalan, mengingat dan mengenang Allah, seperti lafazh-lafazh Al-Baqyyatush Sholihaatu, yaitu: “Subhanallahi, Walhamdulillahi, walaa ilaahaillah, wallahu akbar

Dari ta’rif Dzikir tersebut dapat kita simpulkan, bahwa dzikir itu adalah semua sebutan thayyibah yang membawa ingat kepada Allah, baik sebutan dalam hati maupun sebutan lisan

Al-Hafizh Ibnu Hajar : “Juga dinamai dzikir (dipandang berdzikir), mengerjakan segala tugas agama yang diwajibkan Allah dan menjauhi segala larangan yang diperintahkan-Nya hamba supaya menjauhinya. Karena itu membaca Al-Qur’an, membaca hadist, mempelajari ilmu-ilmu agama, melaksanakan sholat tathawu, dinamakan juga dzikir.”

Manusia tidak akan pernah mampu melawan setiap bencana, menaklukkan setiap derita, dan mencegah setiap malapetaka dengan kekuatannya sendiri. Mereka akan mampu menghadapi semua itu dengan baik, hanya jika menyerahkan semua perkara kepada Allah SWT.

Jika demikian halnya, maka kalimat hasbalah merupakan salah satu ucapan terbaik bagi yang senantiasa mengharapkan pertolongan-Nya. Kalimat  hasbalah berbunyi  Hasbunallah wa ni'mal wakil ni'mal maula wa ni'mal natsir (cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung).

Keutamaan Dzikir ?

Hadits :''Maukah kuberitahukan kepada kalian tentang amalan yang paling baik, paling suci dalam pandangan Tuhan kalian, mengangkat tinggi derajat orang-orang yang mengamalkannya, dan tak kalah bernilai daripada menafkahkan emas dan perak, bahkan tidak kalah utama dibanding bertemu dengan musuh di medan perang kemudian kalian saling berperang dan mati syahid? Para sahabat menjawab, ''Tentu, wahai Rasulullah! Kami sangat ingin diberi tahu.'' Nabi menjawab, ''Berzikirlah kepada Allah.'' (HR Tirmidzi, Ahmad, dan Hakim)

Dzikir juga amal yang paling mudah dilakukan, tetapi bukan berarti nilainya rendah di sisi Allah, bahkan sebagaimana disebut dalam hadis di atas, tidak kalah utama dibandingkan bersedekah dan berjihad. Selain itu, tidak sebagaimana amalan wajib, zikir tidak dibatasi jumlahnya. Kita bisa berzikir sebanyak-banyaknya selagi mampu (Al-Ahzab: 41).

Fadhilah Hasbalah ?
الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ(173فَانْقَلَبُوا بِنِعْمَةٍ مِنَ اللَّهِ وَفَضْلٍ لَمْ يَمْسَسْهُمْ سُوءٌ وَاتَّبَعُوا رِضْوَانَ اللَّهِ وَاللَّهُ ذُو فَضْلٍ عَظِيمٍ(174)
(Yaitu) orang-orang (yang menta`ati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung."
Maka mereka kembali dengan ni`mat dan karunia (yang besar) dari Allah, mereka tidak mendapat bencana apa-apa, mereka mengikuti keridhaan Allah. Dan Allah mempunyai karunia yang besar (Ali Imran: 173-174)
Bacaan hasbalah itu pula yang diucapkan oleh Rasulullah SAW ketika sedang kesulitan akibat pengepungan selama beberapa minggu oleh pasukan Ahzab dalam perang Khandaq di Kota Madinah. Dengan bacaan tersebut, Rasul SAW dan umat Islam pun keluar sebagai pemenang.
Alquran mengabadikan peristiwa tersebut dalam surat Ali Imran [3]: 173, ''Yaitu orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan, 'Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka.' Maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, 'Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung'.''

Syahdan, tatkala Nabi Ibrahim AS dilemparkan ke dalam lautan api oleh para pengikut Raja Namrud bin Kan'an, ia mengucapkan  Hasbunallah wa ni'mal wakil , dan api pun tiba-tiba menjadi dingin. Ini diberitakan oleh Rasulullah SAW, ''Akhir kalimat yang diucapkan oleh Ibrahim ketika dicampakkan ke dalam api ialah  hasbunallah wani'mal wakil. '' (HR Bukhari).

Dikisahkan, ketika Nabi Ibrahim AS mulai dimasukkan ke dalam kobaran api, Jibril datang dan berkata, ''Apakah engkau butuh aku?'' Ibrahim menjawab, ''Kalau kepadamu tidak, tapi kalau kepada Allah, ya.'' Kemudian Allah SWT berfirman, "Kami berfirman, 'Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim'." (QS Al-Anbiyaa' [21]: 69).

Menurut Ibnu Katsir, kalimat hasbalah juga diucapkan oleh 'Aisyah RA ketika ia mengharapkan pertolongan Allah, di saat kabar bohong ( haditsul ifqi ) tentang dirinya beredar. Hal itu direkam dalam surat An-Nur [24]: 11-26).

حسبنا الله و نعم الوكيل

Hasbunallaahu wani'mal-wakiil. (QS. Ali Imran: 173)

Artinya : Cukuplah Allah menjadi penolong kami.

Di dalam kitab Sirrul Jalil (karya Syaikh Abi Hasan As-Syadzily) dikatakan Barang siapa membaca dengan istiqomah Hasbunallaahu wani'mal-wakiil sebanyak 450 kali dalam setiap harinya (yang utama dibaca tengah malam dalam satu majlis), maka akan dicukupi semua kebutuhannya, disenangi/dicintai masyarakat, Allah melindungi dari kejahatan makhluk-Nya, Allah akan membuatnya kaya dengan anugerah-Nya, mulia di dunia dan di akhirat, dan cepat berhasil cita-citanya.

Alfaqir ijazahkan bagi siapa saja yang mau mengamalkan dzikir/doa (Hasbunallaahu wani'mal-wakiil 450x) tersebut diatas, Alfaqir mendapatkan doa/dzikir ini dari Al-Habib Salim bin Abdul Qodir Al-Haddad (Al Hawi Condet) beliau berguru kepada Al-Allamah As-Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani (Mekkah).
Ikhtitam
Hasbunallaah wa ni’mal wakiil. Ni’mal maula wa ni’man nashiir
Rasulullah saw. mengungkapkan bahwa orang yang membaca kalimat hasbalah akan mendapatkan kekuatan dalam menghadapi masalah.
Nabi shallallahu alaihi wa sallam,

اللَّهُمَّ آتِ نَفْسِى تَقْوَاهَا وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرُ مَنْ زَكَّاهَا أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلاَهَا
"Ya Allah, berilah jiwa ini ketakwaannya, bersihkanlah dia, Engkau adalah sebaik-baik yang membersihkannya. Engkaulah wali dan maula (pelindung)-nya." (HR. Muslim, no. 7081)

Sumber:1.Al-Qur’an Hadits 2.http://shulfialaydrus.blogspot.com3.http://www.republika.co.id 4.http://dakwahkontemporer.blogspot.com
Jakarta 29/1/2015

30 komentar:

  1. Habib izinkan saya amalan ini

    BalasHapus
  2. Assalammualaikum, mohon izin mengamalkan

    BalasHapus
  3. Assalammualaikum, mohon izin mengamalkan

    BalasHapus
  4. Mohon ijin untuk mengamalkan doa ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qobiltu, Mohon ijin untuk mengamalkan nya.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Mohon ijin untuk mengamalkannya

    BalasHapus
  8. Izin kan saya mengamal kan dzikir ini dan minta izasah nya

    BalasHapus
  9. izin mengamalkan semoga berkah buat kebaikan baik dunia maupun akhiratnya. amin

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum....
    Mohon ijin untuk mengamalkannya,smg berkah.....

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Mohon ijin mengamalkannya,smg berkah....

    BalasHapus
  13. Qobiltu. Mohon izin mengamalkannya

    BalasHapus
  14. Muhon ijin mengamalkan qabiltu

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum saya mohon izin ingin mengamallkan semoga manfaat dunia akhirat syukron.

    BalasHapus

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman